Thursday, April 23, 2009

bibir doer..

Barusan gw ke dokter gigi. 2 hari yang lalu gw uda bikin janji buat cabut gigi geraham blakang gw. uda dikasi obat juga..
Jadi lah tadi pagi gw ke dokter itu, yang gak lain adalah temen bokap gw..

pertama-tama, gw daftar dulu donk. abis itu, nunggu. Pekerjaan wajib kalo mau dapet pelayanan. Yap, beberapa menit kmudian gw dapet penanganan. si dokter ngambil suntik. memasukkan cairan yang ga gw tau namanya apa. gw disuruh rebahan di kursi periksanya yang penuh dgn alat-alat yang beraneka ragam bentuknya.
pertama2 gw disuntik di bagian gigi yang mau dicabut. gigi bagian dalam dan luar. Trus,, gw disuruh duduk-duduk dulu aja. karna, butuh waktu antuk obatnya bereaksi.

beberapa menit kemudian, suntikan itu mulai bereaksi, bibir ama pipi bawah gw rasanya jadi tebel gmana gitu. Trus, gw disuruh rebahan lagi di kursi yang tadi. dan terjadilah proses pencabutan yang ga makan waktu banyak. Cuman beberapa menit. ada alat yang kaya obeng masu ke mulut gw, ngorek-ngorek gigi gw . wow, rada sakit dikit.. Dikit... ga banyak. obeng yang tadi, berganti dengan alat baru, yang kaya tang, dan, tercabutlah sang gigi yang telah setia menemani gw selama 15 tahun.
Slamat jalan gigi ku yang menyiksaku...
semoga kau tenang di sana..

Tapi, kmudian rasa ga enak muncul di gigi gw. Gw tanyain ke temen2 gw cara ngilangin rasa ga enaknya. Ada satu temen gw, namanya faiz, ngasi tau sebuah link.
and, ini link yang cukup dapat membantu ..

Setelah cabut gigi (ekstraksi gigi) ada beberapa hal yang harus dilakukan pasien dirumah, diantaranya adalah :

  • Gigit kapas kuat-kuat selama 1 jam . Bila masih terasa berdarah, beri kompres es pada pipi di daerah gigi yang dicabut selama 10 menit , kalau perlu diulangi beberapa kali.

  • Setelah kapas dibuang, kumurlah dengan air dingin (ada yang menganjurkan dengan air teh pahit, yang sangat pekat dan dingin). Kumurnya harus perlahan-lahan, dengan air ditahan di dalam mulut selama 2-3 menit. Bila gerakan kumur terlalu kuat, maka akan mengganggu proses pembekuan darah pada luka bekas cabut. Selama 24 jam setelah pencabutan jangan berkumur keras-keras.

  • Jangan makan dan minum yang hangat atau panas, hindari pula makanan dan minuman beralkohol dan puasa merokok selama 24 jam setelah pencabutan

  • Jangan sering meludah

  • Jangan mengisap-isap lubang bekas pencabutan, dan jangan mengisap atau menyedot (misalnya merokok atau minum dengan sedotan)

  • Setelah 24 jam bila luka sudah benar-benar tidak berdarah lagi (sudah kering), maka kumurlah dengan air garam yang hangat. Ini untuk mempercepat penyembuhan luka. Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari, misalkan setelah menggosok gigi atau setelah makan. Jaga kebersihan lubang bekas pencabutan.

  • Bila selama 2 jam sesudah pencabutan tidak ada tanda-tanda berkurangnya perrdarahan maka kembalilah ke dokter gigi anda.

1

sumber:http://www.geocities.com/drg_likatrimulya/setelah_cabut_gigi.htm

semoga dapat membantu anda yang mengalami masalah sama seperti saya. :D

6 comments:

Anonymous said...

wkwkwkwk........

tw...udh gede` tapi msh ad acara cabut gi2...
ngga bs d obatin aj tuh gi2 U...?

Tywity said...

yah. saia juga maunya diobatin aja. Tapi kata dokter nya musti di cabut. saia harus gmana lagi?

nasib.. nasib..

Ice tHe saMuraI said...
This comment has been removed by the author.
Ice tHe saMuraI said...

oisshhh pandai si ompong nulis yoooo!!!!

Tywity said...

makasi ya ice,, yang telah kurang ajar mengata-ngatai saia,,

Ice tHe saMuraI said...

hehehehehehe

tiwi yg baek & manis(dikit)!!!

ngapain pergi k dokter, kan bsa dlakukan d rumah dgan palu!!!