Thursday, September 17, 2009

Berekspresilah sewajarnya!!

Sebagai manusia normal kita emang hidup dengan berbagai problematika. Ada yang besar,ada yang kecil. Ga semua masalah bisa`kita handle sendiri. kadang kita butuh orang lain untuk berbagi. Butuh orang yang bisa mencarikan solusi masalah itu, bahkan sekurangnya orang yang bisa mendengarkan kita menyampaikan unek-unek yang udah mumet diotak kita.

Di era modern ini. Banyak media curhat yang tersedia. Baik nyata maupun maya. Di dunia maya, biasanya banyak orang nge-share masalah mereka via social network,such as status FB,Plurk, Twitter. atau pun Blog.

Yang gue amati, sebagian besar friend di FB gue,nge-post status-status bernada curhat.Ada yang lagi fall in love,broken heart,happy,sad,sekedar haha-hihi doang dan hal-hal lainnya. menurut gue ini sah-sah aja sih.. toh itu emang social network.Fungsinya emang untuk berbagi berbagai hal.

Tapi,ga sedikit orang yang kebablasan cuhat.bahkan hal-hal yang beraroma sangat pribadi mereka bagi. berbagai hal!! Apapun. caci maki,cemooh,fitnah semua bisa kita temui.dan tak jarang berbagai masalah timbul didunia nyata karna status-status yang menyinggung orang lain. Juga tak jarang, orang mengekspresikan perasaan mereka dengan kata-kata kotor dan vulgar. Bukan maksud gue ngelarang. tapi, coba kita fikir. ga semua orang bisa dengan santainya membaca tulisan-tulisan kotor semacam itu. Di agama islam.. membaca/melihat hal-hal yang buruk itu dosa.Jadi, memang tak semua orang bisa menerimanya. kadang gue pun sering mengusap dada membaca status-status berisikan kata-kata kotor yang benar-benar keterlaluan,menghujat orang lain.

Ada lagi orang-orang yang bener-bener berekspresi di status. apapun yang ingin mereka bagi.mereka post. bahkan,dalam hitungan menit saja sudah berbelas-belas status mereka post. dan menurut gue, semua itu sampah! ga penting. I mean, bener-bener sampah.
Pernahkah mereka sadar bahwa status-status mereka itu akan nampang di homepage semua friend mereka. Tapi, ga semua friend itu mereka kenal nyata. oke-lah.. bagi temen yang benar-benar mereka kenal,mungkin sebagian status-status itu bisa mereka mengerti maksudnya. But, bagaimana dengan mereka yang bukan temen nyata?? Mereka tidak akan mengerti dengan status-status sampah itu. dan buat saya pribadi.Itu menyiksa dan mengganggu.

Bayangkan, saat kita pertama kali log in. apa yang kita harapkan?? tentu berita-berita terbaru dari teman kita. Tapi, saat status-status sampah itu nampang d home kita. bukankah itu mengganggu. Jumlahnya bukan cuma satu,dua. tapi bisa empat,lima bahkan lebih, dari orang yang sama diwaktu yang berdekatan. sekali lagi. Itu sangat mengganggu!!

jadi, marilah kita sebijaknya berekspresi membagi apa yang ingin kita bagi ke sepenjuru dunia, melalui dunia maya dengan sewajarnya. jangan berlebihan tanpa memperhatikan kenyamanan orang lain yang terganggu oleh ulah kita .. Berekspresilah yang bertanggung jawab.. !!

=Tywi=

1 comment:

Anonymous said...

wah sya jd mrsa nih....
haaha