Monday, October 26, 2009

Ketika air PAM tak ada..

Jalan duku rame? Biasa. Tapi selang air rame bergelimpangan di jalan duku? Itu baru luar biasa.

Pemandangan baru yang rada aneh langsung terpampang jelas saat gue baru turun dari ojeg. Rame gilak. Bapak-bapak, ibu-ibu,anak-anak,sampai nenek-nenek berkumpul disepanjang jalan kenangan(loh?). Pada ngapain sih? Usut punya usut, ternyata ada kabar nyata,bahwa air PAM dilingkungan gue bakalan mati 1 minggu dan mungkin lebih. What?? Mau mandi dimana gue? mau boker dimana? Nyuci baju pake apa? Masak pake air dari mana? Seminggu? Tidakk..

Haha, ga selebay itu juga kali. Pertanyaan-pertanyaan gue tadi terjawab sudah dengan selang-selang panjang yang terjulur dijalanan itu. Ga ada air PAM, masih ada sumur bor. Gue baru ngeh kalo sebenernya rumah gue ada sumur bor. Hanya saja,udah ga dipakai lagi beberapa tahun belakangan.

Oke, gue ada sumur bor. Terus apa hubungannya sama selang-selang ini?
Ternyata selang panjang itu disambung-sambung sampai panjang banget kerumah-rumah tetangga. Sumbernya? sumur bor dirumah gue ternyata. Manteb, selang panjang itu melintang dengan indahnya ditengah rumah, dari kamar si Donet, ruang TV, ruang tamu, sampai ke teras depan dan bermuara ke tempat entah berantah.

Ini pertanda, gue punya tugas baru. Operator air! Tiap ada yang perlu air gue musti ngidupin tuh mesin, udah kelar, gue matiin. Terus ada yang butuh lagi,gue idupin,terus gue matiin kalau udah selesai. dan begitulah seterusnya

Dampak lain, kegiatan rumah tangga, semacam nyuci baju,nyuci piring, sekarang berlangsung di teras rumah. Gilanya lagi, yang nyuci segala macem itu bukan cuman nyokap gue. Tapi tetangga juga? Gubrak

Semua ini menyadarkan gue, memang hidup harus saling tolong menolong.
dan pesan gue
" Selalu sedia sumur bor dirumah anda! karna sewaktu-waktu air PAM bisa saja mati! inga..inga.. Ting.. "

No comments: