Thursday, October 15, 2009

"Selalu ada hikmah dibalik sebuah cobaan" Klise namun nyata!

Seminggu ini gue bener-bener diuji. Banyak banget masalah yang mampir di hidup gue. Hari pertama sekolah gue pasca gempa, diawali dengan big problem yang pertama.

Senin 12 Oktober 2009 gue awali pagi cerah itu dengan muka yang tanding-tandingan kusut sama rambut. Melangkah gontai menuju meja makan.Hmm, sarapan pagi itu masih seperti biasa. 'Pical ibu' plus bakwan. sebelumnya cuci muka n gosok gigi dulu. And.. Breakfast time. Kalar, Lanjut ke next job. Menjamah komputer!! banyak hal yang musti gue lakuin sama si kompi umum tercinta. malam sebelumnya gue udah janjian sama si wenni hilda buat nginstal ulang-in nih komputer. Jadi ada beberapa file yang musti gue selamatin dulu. Folder-folder gue sama folder si mama gue cut ke harddisc external punya uni. Semua udah tuntas gue pindahin. Abis itu, gue cek ulang semua yang penting udah ke-cut apa belom. Gue klik folder si mama and ternyata EMPTY!! foldernya kosong. Semua data yang ada didalamnya ilang! Raib! Sontak badan gue langsung gemeter. gue merasakan firasat buruk. Gue gerak-gerakkan mouse dengan gerak cepat. Klik sana klik sini. Nyoba nyari di Recycle Bin, kali aja gue ga sengaja ngedelete. tetep ga ada. gue ubek-ubek tuh komputer. Namun tetep si file-file yang dicari ga ketemu. keringat dingin gue mulai bercucuran segede-gede jagung, udara berasa langsung panas sepanas-panasnya. Gemeteran gue makin hebat. Karna emang yang ilang data-data sekolah nyokap gue yang emang berstatus sebagai Kepsek. dan gue tau data-data itu penting. dan gue menghilangkannya.

Walaupun takut setengah mati, gue terpaksa ngadu sama si uni dan ngejelasin semuanya. Si uni bantuin nyari cukup lama. Sementara dia sibuk nyari gue sibuk siap-siap berangkat ke sekolah. Dalam hati gue berdo'a. "Ya Allah bantulah hambamu ini.. Memohon sangat temukanlah file-file itu.." Berbagai cara dicoba. berbagai software dijajal. Sampai gue berangkat sekolah usaha si uni belom berhasil. Gue udah nyampe sekolah tapi pikiran gue masih difile-file itu. Ga satupun pelajaran yang gue nyampe diotak,pikiran gue masih melayang ke rumah berharap uni bisa nemuin.

Guru biologi gue menyadari kalo cuman badan gue yang ada dikelas tapi pikiran gue enggak. Si ibu tiba-tiba nanyain pelajaran yang barusan diterangkan. Sontak gue ga bisa jawab. Akhirnya gue cuman tertunduk malu. Gue paksain buat fokus. tetep ga bisa. Jam pulang,gue sibuk konsultasi ke temen-temen nanyain jalan keluar masalah gue dan NIHIL! ga ada yang bisa bantu.

Nyampe rumah gue langsung nanyain hasilnya ke uni dan kabar baik yang muncul. Katanya, data itu udah ketemu tapi buat nge-restore nya kudu pake kode-kode apa gitu gue ga ngerti. Sore itu juga uni gue balik ke Bogor setelah 1 bulanan libur lebaran. Gue masih nanyain kelanjutan nasib gue ini ampe dia naik ke mobil berangkat ke airport. Katanya gue musti nunggu dulu ampe dia nemuin kode-kode ga jelas itu.

Hari esoknya gue udah mulai enjoy ke sekolah. Kabar baik itu ngeringanin sedikit beben gue walaupun ga hilang sama sekali. Sampai keesokan harinya sekitar jam 00.15 gitu dia ngirim sms kalau datanya udah bisa di restore. Dan gue bener-bener lega. Thanks so much,, my lovely sist..

Hari besoknya lagi gue bener-bener ga ada beben ke sekolah.. Legaa banget. Siangnya pulang sekolah si Ayu main ke rumah gue sekalin nyari tugas biologi. Nyampe di rumah, gue idupin komputer. And.. 2nd big problem comes. Komputer gue RUSAAK!! Rusdak! Rusak mendadak. Kampret! terpaksa gue pake laptop buat nyari tu tugas. zzz.. lelet sumpah koneksinya. Lemot abis. Karna udah kepalang janji bantuin dia nyari tugas,akhirnya gue terpaksa ngikut pergi kewarnet deket komplek gue. Seperti biasa. Langsunglah gue ngadu ke si uni(lagi?) . Setelah mencari akar permasalahannya dan tetap tidak ditemukan. Jalan terakhir! Instal ulang.Pertanyaannya, yang mau nginstal ulang-in siapa?? Si uni jelas-jelas diluar kota. Mama sama abang gue mah ga mungkin bakal ngrusin yang beginian. terpaksalah gue yang melakukannya. Kaya' nya sih simple aja ya... nginstal ulang doank gitu.. masalahnya dimana?? Masalahnya, gue buta sama yang beginian. Masalah ngebenerin yang rusak-rusak mah bukan kerjaan gue. Kerjaan gue tu ya ngerusakin. bukan ngebenerin. :P

Tapi ga ada pilihan lain. Gue butuh komputer gue baik segera. terpaksalah gue dipandu lewat telpon sama si uni nginstal ulang nih komputer.And this is my first experience. LOL. 2 kali mencoba 2 kali gue gagal. Sampai akhirnya gue putus asa dan ga mau ngelanjutin kerjaan ini. Uni diseberang lauatan sana juga udah ngantuk. dia nyaranin gue buat nyari CD instalan yang baru. Kayaknya CD yang gue pake bermasalah. Gue pun mikir gitu. cuman buat sekedar ngeyakinin. gue coba untuk yang terakhir kalinya. Ga disangka, ternyata bisa. Huahaha Allhamdulillah.. 2nd Problem. Clear!

Banyak pengalaman & ilmu baru yang gue dapat dari masalah-masalah ini. Minggu ini minggu penuh cobaan yang berbuah manis. :)

No comments: