Thursday, November 5, 2009

Help wanted!! guru "Bahasa Indonesia"

Suatu pagi disekolah gue

Bu guru: semua nya, yang namanya tadi belum terpanggil. Kumpulkan catatannya kedepan

seketika suasana kelas mulai gaduh. Gue dengan tampang bloon nengok kiri kanan. "Ngapain woi??" . Namun tak ada yang menjawab pertanyaan gue. Sial. Insting jua lah yang menuntun gue ikutan maju ke meja guru sambil membawa cacatan kwn bersampul merah garis-garis itu.

sayup-sayup terdengar disela-sela langkah gue menuju tuh meja guru, perintah ulang buat ngumpulin catatan. Barulah gue bener-bener yakin. Perintah itu memang termasuk ditujukan buat gue.

buku-buku tulis bersampul serupa telah bertumbuk di meja itu. Masih menjadi seorang murid yang tidak memperhatikan perintah guru. Gue dengan nada yang lumayan keras dan terburu-buru bertanya tanpa tujuan pada siapa saja yang lagi nangkring di depan kelas.

Gue: Eh,, dari yang mana ni?
ga ada jawaban. Kampret..
Namun gue tak pantang menyerah

Gue: eh,, yang diperiksa manaan aja?
salah seorang teman: dari bab 2 lah
Ridho: manaan?? Bahasanya..
Gue: celingak-celinguk sambil heran "ada yang salah?"

Pulang sekolah, gue bareng dani,vina dan wulan
Diperjalanan ada 1 percakapan yang gue inget banget

Gue: Vin, besok ikutan nonton bareng dirumah dani yuk!
Vina: Hmm, Insyaallah de. Besok ada ulangan?
Dani: Tapi lu ulangan agama?
Gue: Hooh tetep ngejawab, ga peduli itu pertanyaan buat gue apa kaga. Gue sekelas ama vina ini..
Dani: Iya.. lu tenang aja lah.. Kata anak-anak soalnya bisa dijawab pake naluri aja..

Lalu, tiba-tiba diam.. ga ada yang komentar

Gue: Hmm.. kayak nya ada yang ga bener deh dari kata-kata lu dan..
Dani: cengo Apa?
Gue: Kayaknya bukan naluri deh kata yang bener.
Gue: sambil menghela napas sembari berfikir Nalar bukan yang bener?
Wulan: Iya..
Dani: Oh iya... itu maksud gue, nalar
Tawa gue langsung meledak.

Di sepanjang perjalanan pulang, gue sedikit bermenung dan berfikir atas kejadian hari ini.
"Ternyata tata bahasa Indonesia gue amburadul banget!"

Tidaak. gimana gue bisa bertahan selama ini ditengah kesalahan gue dalam berbahasa. Masih banyak lagi kata-kata yang salah dalam kebahasaan gue selama ini.
Oh my god..

Gue butuh guru Tata Bahasa Indonesia! Perbaikilah kebahasaan gue wahai guru..

No comments: